Daya Juang Sang Pemenang…

“I realized that my job as a leader was to make change each and every day”.

Sahabat,
Sharing saya hari ini dibuka dengan petikan dari pengalaman leadership seorang petinggi Logitech Inc , Robin Selden.

Mungkin pertanyaan yang langsung menyeruak di benak kita adalah benarkah statemen tersebut? Bukankah untuk melakukan perubahan setiap hari dan meliputi banyak aspek membutuhkan energi yang luar biasa. Lalu, dari mana sumber kekuatan itu berasal?

Sahabat,
pada dasarnya manusia diberi kekuatan yang luar biasa oleh Sang pencipta. Bahkan nyaris tanpa batas. Hanya saja, kita lebih sering menciptakan kendala dalam keseharian kita sehingga pada gilirannya membatasi dan mereduksi kemampuan dasar kita.

Oleh karena itu diperlukan sudut pandang baru berupa keyakinan bahwa kita mampu menembus semua batas dan mematahkan sekat-sekat belenggu. Keyakinan yang mampu mengalirkan kekuatan dan menginspirasikan tumbuhnya daya juang.

Bagi leader yang rongga dadanya dipenuhi optimisme dan obsesi akan kesuksesan maka cara pandang terhadap segala sesuatu akan diwarnai positif thinking. Ketika bertemu dengan kesulitan, mereka akan memandang kesulitan itu sebagai pemicu semangat dan pembakar gelora untuk berprestasi. Yang pasti, seorang leader haruslah bertindak laksana the winner bukan the losser. Seorang Pemenang selalu bisa melihat peluang dalam setiap permasalahan sedangkan seorang Pecundang justru melihat permasalahan dalam setiap peluang!

Potensi yang terbangkitkan inilah yang pada gilirannya akan menjadi modal untuk bekerja keras menggapai keberhasilan dibalik setiap tantangan dan permasalahan yang timbul sekaligus menjadi daya pikat untuk munculnya kekuatan-kekuatan lain yang masih tersembunyi.

Maka pertanyaan yang kemudian patut kita ajukan adalah siapakah kita? the winner or the losser? temukan jawabnya sendiri.

Setiap manusia memiliki potensi biologis, psikologis dan spiritual yang luar biasa yang menunggu digali dan dikembangkan. Pada dasarnya, tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan kita. Dan leadership adalah seni menemukan kemungkinan diantara ketidakmungkinan itu.

Saya terinspirasi oleh Bill Gates, yang sanggup menggabungkan kerja spartan dengan kreasi intelektual serta inovasi yang tinggi plus kecanggihan dalam hal pemasaran. Jadilah produk teknologi yang dibuatnya mampu merajai dunia dan mengantarkannya menjadi manusia terkaya di planet ini.

Tahukah sahabat, bahwa Bill Gates sanggup bekerja untuk menyelesaikan proyek-proyeknya yang ambisius meski tidak tidur berhari-hari? Ia sanggup tidak keluar dari ruang kerjanya seminggu penuh hanya berbekal McDonald, Coca Cola dan komputernya untuk mengejar deadline sebuah proyek yang sangat penting.

Luar biasa. Alangkah dahsyatnya semangat kerja keras yang ia miliki. Jika kita sudah mampu menghadirkan aura kerja keras dan mentalitas tak terpatahkan ala Bill Gates, maka memahami dan meyakini petikan kata-kata Robin Selden diawal tulisan ini adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Selamat berkarya…, sahabat. Negeri ini membutuhkan karya nyata kita.

About sampurna budi utama

Seorang yang ingin terus menjadi pembelajar dalam kehidupan. Dilahirkan di Yogyakarta, 19 Februari 1974. Saat ini bekerja sebagai Widyaiswara Madya Kementerian Keuangan dan dosen STAN Jakarta. Aktif sebagai nara sumber pelatihan/workshop terutama di bidang keuangan daerah dengan lebih dari 7.000 jam pelatihan yang dihadiri lebih dari 8.000 peserta dari kalangan eksekutif dan legislatif. Serta menjadi trainer untuk materi Leadership di lingkungan Kementerian Keuangan. Menamatkan pendidikan tingkat menengah di SMAN I Yogyakarta, meneruskan pendidikan perguruan tinggi di STAN Jakarta dan S-2 FEUI Konsentrasi Ekonomi Keuangan Negara dan Daerah. Menikahi Nur Aisyah Kustiani, Ak. M.Si dan ayah dari: Ishmah Karima Jamil, Nushayba Najmina, Aynun Ramadhani Fajriah, serta Dareen Aisha.
This entry was posted in Leadership and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s