Teruslah belajar dan memampukan orang lain…

Sahabat,
hari ini saya ingin berbagi dan mengajak kita semua untuk merenungkan kisah berikut:

Suatu hari, Seorang profesor di undang untuk berbicara di sebuah basis militer. Di sana ia berjumpa dengan seorang prajurit yang tak mungkin dilupakannya karena sangat menginspirasi dirinya, Prajurit itu bernama Harry.

Harry di tugaskan untuk menjemput kedatangan sang profesor di bandara. Setelah saling bercakap-cakap dan memperkenalkan diri, mereka menuju ke tempat pengambilan koper.

Ketika berjalan keluar, Harry sering menghilang. Entah kemana prajurit itu pergi hingga membuat sang professor pun bingung. Namun sebenarnya, banyak hal yang dilakukan oleh Harry ketika ia menghilang begitu saja. Apa yang ia lakukan?

Ternyata ia membantu seorang wanita tua yang kopornya jatuh. Kemudian mengangkat seorang anak kecil agar dapat melihat pemandangan. Ia juga menolong orang yang tersesat dengan menunjukkan arah yang benar. Ia juga membantu orang yang buta untuk menyebrangi jalan. Ketika ia menemui kembali ke sisi profesor itu, ia kembali dengan senyum lebar menghiasi wajahnya.

Sang profesor pun takjub kepada anak muda yang berhati mulia ini. Dengan rasa penasaran Profesor bertanya,
“Dari mana Anda belajar melakukan hal-hal seperti itu ?” tanya sang profesor. “Oh,” kata Harry, ” Selama perang, saya kira” Lalu ia menuturkan kisah perjalanan tugasnya di Vietnam. Juga tentang tugasnya saat membersihkan ladang ranjau dan bagaimana ia harus menyaksikan satu persatu temannya tewas terkena ledakan ranjau di depan matanya.

“Saya belajar untuk hidup diantara pijakan setiap langkah,”katanya. “Saya tak pernah tahu apakah langkah berikutnya merupakan pijakan terakhir, sehingga saya belajar untuk melakukan segala sesuatu yang sanggup saya lakukan tatkala mengangkat dan memijakan kaki. Setiap langkah yang saya ayunkan merupakan sebuah dunia baru, dan saya kira sejak saat itulah saya menjalani kehidupan seperti ini.”

Ternyata Kelimpahan hidup tidak di tentukan oleh berapa lama kita hidup, tetapi sejauh mana kita menjalani kehidupan yang berkualitas. Ada begitu banyak perang terjadi di dunia. Kita harus mulai memperlakukan satu sama lain dengan baik dan hormat. Kita adalah makhluk yang sama. Kita adalah saudara-saudara yang tinggal di bumi yang sama. Kita berada di sini bersama-sama. Mari Fokuskan energi Anda untuk menjadi manusia yang baik dan membantu sesama. Anda akan melihat perbedaan dalam hidup Anda.

Sahabat,
bukankah kisah ini sangat menginspirasikan kita untuk terus menerus belajar (continous learning) dan memampukan orang lain (enable others to act)?

Demikianlah, perilaku kepemimpinan yang secara konsisten ditunjukkan oleh para great leader. Saya yakin, sahabat pun demikian adanya… atau setidaknya, ada tekad untuk bisa seperti itu.

About sampurna budi utama

Seorang yang ingin terus menjadi pembelajar dalam kehidupan. Dilahirkan di Yogyakarta, 19 Februari 1974. Saat ini bekerja sebagai Widyaiswara Madya Kementerian Keuangan dan dosen STAN Jakarta. Aktif sebagai nara sumber pelatihan/workshop terutama di bidang keuangan daerah dengan lebih dari 7.000 jam pelatihan yang dihadiri lebih dari 8.000 peserta dari kalangan eksekutif dan legislatif. Serta menjadi trainer untuk materi Leadership di lingkungan Kementerian Keuangan. Menamatkan pendidikan tingkat menengah di SMAN I Yogyakarta, meneruskan pendidikan perguruan tinggi di STAN Jakarta dan S-2 FEUI Konsentrasi Ekonomi Keuangan Negara dan Daerah. Menikahi Nur Aisyah Kustiani, Ak. M.Si dan ayah dari: Ishmah Karima Jamil, Nushayba Najmina, Aynun Ramadhani Fajriah, serta Dareen Aisha.
This entry was posted in Leadership and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s